Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Guru Sekolah Dasar by Author "Anggitya Puspaningrum"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemPeningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2023-07-05) Anggitya PuspaningrumTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan minat belajar IPA kelas IV SD Negeri Lubanglor menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan (2) peningkatan hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri Lubanglor menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Lubanglor dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Objek penelitian adalah minat dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Lubanglor. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik angket, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Instrumen penelitian adalah angket dan tes hasil belajar IPA. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif untuk mengetahui persentase minat belajar dan hasil belajar IPA siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan model problem based learning dapat meningkatkan minat siswa kelas IV SD Negeri Lubanglor. Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa rata-rata minat belajar siklus I sebesar 59,41% pada kategori tinggi pada interval antara 50%-74,99% dan meningkat menjadi 77,76% pada siklus II pada kategori sangat tinggi pada interval antara 75%-100% dengan peningkatan sebesar 18,35%. (2) Penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Lubanglor. Berdasarkan hasil tes terlihat adanya peningkatan rata-rata nilai pratindakan sebesar 65,47 dengan ketuntasan belajar 54% meningkat pada siklus I menjadi 72,67 dengan ketuntasan belajar 67%, dan mengalami peningkatan menjadi 83,18 pada siklus II dengan ketuntasn belajar 79%.