Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Guru Sekolah Dasar by Author "Anissa Fitria Ningsih"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemPengembangan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis HOTS dan Profil Pelajar Pancasila Pada Materi Ekosistem Untuk Kelas V SD N Kunir(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-03-19) Anissa Fitria NingsihPenelitian ini bertujuan untuk : 1) Menghasilkan produk media pembelajaran monopoli berbasis HOTS dan profil pelajar pancasila pada materi ekosistem untuk kelas V SD N Kunir yang sesuai dengan prosedur pengembangan research and development, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran monopoli berbasis HOTS dan profil pelajar pancasila pada materi ekosistem kelas V SD N Kunir. . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan. Subjek penelitian yaitu murid kelas V SD N Kunir tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah 12 murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrument yang ada dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, wawancara, validasi ahli materi, media, guru dan respon murid serta soal tes. Analisis data yaitu analisis validitas, analisis kepraktisan, analisis keefektifan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran monopoli berbasis HOTS dan profil pelajar pancasila pada materi ekosistem untuk kelas V SD N Kunir, 2) Hasil validitas produk memperoleh skor rata-rata 3,6 dengan kriteria sangat valid, hasil kepraktisan 3,65 dengan kriteria sangat praktis, hasil keefektifan 0,62 dengan kriteria efektif. Berdasarkan kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli berbasis HOTS dan profil pelajar pancasila pada materi ekosistem layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.