Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Guru Sekolah Dasar by Author "Bambang Pamungkas"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemAnalisis Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal STS Seni Rupa Ditinjau Dari Aspek HOTS Pada Kelas VI-B SDIT Ulul Albab 01 Purworejo(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-28) Bambang PamungkasPenelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Sumatif Tengah Semester Seni Rupa ditinjau dari aspek HOTS pada kelas VI-B SDIT Ulul Albab 01 Purworejo., 2) Mendeskripsikan Perbedaan Tingkat Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Sumatif Tengah Semester Seni Rupa ditinjau dari aspek HOTS pada kelas VI-B SDIT Ulul Albab 01 Purworejo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menganalisis dokumen. Subjek dan objek penelitian adalah 29 siswa kelas VI-B SDIT Ulul Albab 01 Purworejo dan soal beserta jawaban hasil pekerjaan siswa terkait Sumatif Tengah Semester Seni Rupa yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda, 10 uraian singkat dan 5 essai. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara siswa dan dokumentasi berupa analisis dokumen. Kemudian, hasil dari analisis data akan dituangkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Kemampuan HOTS siswa terbagi menjadi empat kemampuan. Kemampuan itu meliputi Sangat Baik, Baik, Cukup dan Kurang. 2) Terdapat perbedaan tingkat kemampuan siswa kelas VI-B SDIT Ulul Albab 01 Purworejo. Perbedaan kemampuan tersebut diketahui berdasarkan hasil analisis data dimana terdapat 3 siswa masuk dalam ketegori Sangat Baik, terdapat 16 siswa masuk dalam ketegori Baik, terdapat 6 siswa masuk dalam ketegori Cukup dan terdapat 4 siswa masuk dalam ketegori Kurang.