Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Guru Sekolah Dasar by Author "Dheliana Suwardi"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemAnalisis Keterampilan Proses Sains Murid Kelas V SD Muhammadiyah Kutoarjo(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-06-03) Dheliana SuwardiKeterampilan proses sains menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki oleh semua murid, namun pada kenyataannya murid masih belum mengembangkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains murid kelas V SD Muhammadiyah Kutoarjo pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu 6 murid kelas V SD Muhammadiyah Kutoarjo tahun pelajaran 2023/2024 berdasarkan kemampuan kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data yaitu: data reduction, data display, dan conclusion verification. Hasil penelitian ini adalah: Keterampilan proses sains murid kelas V SD Muhammadiyah Kutoarjo adalah cakap yaitu meliputi, 1) Keterampilan proses sains indikator mengamati adalah layak dan mahir, dengan jumlah 4 murid yang sudah mencapai indikator. 2) Keterampilan proses sains indikator memprediksi adalah baru berkembang, layak, dan baru berkembang, dengan jumlah 2 murid yang sudah mencapai indikator. 3) Keterampilan proses sains indikator mengklasifikasi adalah baru berkembang, layak, dan, mahir, dengan jumlah 4 murid yang sudah mencapai indikator. 4) Keterampilan proses sains indikator menafsirkan adalah baru berkembang, layak, cakap, dan mahir, dengan jumlah 2 murid yang sudah mencapai indikator. 5) Keterampilan proses sains indikator menyimpulkan adalah baru berkembang, layak, cakap, dan mahir, dengan jumlah 4 murid yang sudah mencapai indikator. 6) Keterampilan proses sains indikator mengkomunikasikan adalah baru berkembang, layak, dan cakap, dengan 2 murid yang sudah mencapai indikator. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengetahui keterampilan proses sains yang dimiliki murid dalam pembelajaran IPA.