Pendidikan Ekonomi

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 72
  • Item
    Pengaruh Teman Sebaya, Self Control dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Siswa SMA Negeri 1 Binangun
    (Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-08-10) WENDHA SUSARI
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan signifikan antara teman sebaya, self control dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif berbelanja online pada siswa SMA Negeri 1 Binangun baik secara sendiri maupun bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Binangun dengan jumlah 107 siswa, pengambilan sampel secara random sampling, penentuan sampel menggunakan tabel Issac dan Michel dengan taraf kesalahan 5% maka jumlah sampelnya 86 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan skala likert yang masing-masing diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dengan data analisis deskriptif dan analisis kuantitatif pada uji t, uji F, uji korelasi ganda dan uji regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa teman sebaya berada pada kategori tinggi (66.28%), self control berada pada kategori tinggi (45,35%), literasi keuangan berada pada kategori cukup (40,70%) dan variabel perilaku konsumtif berbelanja online berada pada kategori cukup (44,19%). Hasil analisis kuantitatif menunjukan pada pengaruh yang positif dan signifikan antara teman sebaya terhadap perilaku konsumtif berbelanja online sebesar -12,70% (rx1y= 0,225, thitung= 2.091, sig 0,040<0,05). Ada pengaruh yang negatif dan signifikan antara self control terhadap perilaku konsumtif berbelanja online sebesar 16,88%, (rx2y= -0,299, thitung= -2.833 sig 0,006<0,05). Ada pengaruh yang negatif dan signifikan antara literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif berbelanja online sebesar 21,22% (rx3y= -0,376, thitung= -3.675 sig 0,000<0,05). Ada pengaruh dan signifikan antara teman sebaya, self control dan literasi keuangan secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif berbelanja online sebesar 25,40% (R= 0,504 nilai Fhitung= 9.295 sig 0,000 < 0,05). Sedangkan 74,60% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
  • Item
    Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kato Grosir dan Eceran Kroya Kabupaten Cilacap
    (Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-10-27) TRI NOVIA NDARI
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan signifikan antara promosi, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen baik secara sendiri maupun bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah kosumen Kato Grosir dan Eceran Kroya Cilacap, pengambilan sampel secara sampling insidental, penentuan sampel menggunakan rumus Cochran maka jumlah sampelnya 100 konsumen. Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan skala likert yang masing- masing diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dengan data analisis deskriptif dan analisis kuantitatif pada uji t, uji F, uji korelasi ganda dan uji regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa promosi berada pada kategori baik (58%), harga berada pada kategori baik (60%), kualitas pelayanan berada pada kategori baik (62%) dan variabel keputusan pembelian konsumen berada pada kategori baik (52%). Hasil analisis kuantitatif menunjukan pada pengaruh yang positif dan signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 09,26% (rx1y= 0,232, thitung= 2.338, sig 0,021<0,05). Ada pengaruh positif dan signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 16,49%, (rx2y= 0,413, thitung= 4,449 sig 0,000<0,05). Ada pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan sebesar 08,14% (rx3y= 0,204, thitung= 2,039 sig 0,044<0,05). Ada pengaruh positif dan signifikan antara promosi, harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap keputuan pembelian konsumen 33,9% (R= 0,583 nilai Fhitung= 16,445 sig 0,000 < 0,05). Sedangkan 66,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
  • Item
    Penerapan Model Pembelajaran Question Students Have (QSH) Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 10 Purworejo Tahun Pelajaran 2021/202
    (Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-03-28) Winda Agusina Pratiwi
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Question Students Have pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 10 Purworejo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 10 Purworejo yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil angket sebagai data primer, serta hasil observasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Question Students Have dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 10 Purworejo. Rata-rata motivasi belajar ekonomi siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 41,40% meningkat menjadi 62,65% pada siklus I dan meningkat menjadi 80,31% pada siklus II dan berada pada kategori sangat tinggi. Cara meningkatkan motivasi belajar siswa adalah menggunakan model pembelajaran Question Students Have dengan prosedur membuat kelompok, masing-masing kelompok membuat pertanyaan kemudian didiskusikan bersama, guru memberikan penjelasan sejelas- jelasnya dan membimbing siswa
  • Item
    engembangan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pokok Bahasan Masalah Ekonomi Dalam Sistem Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS SMA”
    (Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-08-11) Wulandari Pangestu
    Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) Kualitas butir soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pokok bahasan masalah ekonomi dalam sistem ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA. (2) Kepraktisan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pokok bahasan masalah ekonomi dalam sistem ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 6 Purworejo yang berjumlah 36 siswa. Sampel penelitian berjumlah 6 siswa berdasarkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Masing- masing kemampuan berpikir berjumlah 2 siswa. Model penelitian ini menggunakan Martin Tessmer yang terdiri dari tahap preliminary, tahap self evaluation, tahap prototyping. Pengambilan data dengan menggunakan angket dengan skala likert dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil kevalidan dan kepraktisan pengembangan soal HOTS materi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 6 Purworejo yang sangat baik dan praktis. Hasil pengembangan diperoleh validitas yaitu berdasarkan hasil validasi dari 3 orang validator yaitu satu dosen ahli materi, satu dosen ahli evaluasi, dan satu guru praktis. diperoleh skor sebesar (3,76) yang berarti soal tes HOTS ini berada pada kriteria “sangat baik”. Sehingga prototype dapat dikatakan valid. Selanjutnya soal tes HOTS yang sudah dikembangkan dilakukan try out kepada 6 orang peserta didik pada tahap small group dan diperoleh skor sebesar (76,25%) yang dapat dikatakan “praktis”. Dapat disimpulkan soal tes HOTS yang peneliti kembangkan “sangat baik “dan “praktis”.
  • Item
    Evaluasi Program Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kewirausahaa Kelas XI Perbankan Syari’ah di SMK Muhammadiyah Gebang Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022
    (Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-01-17) Nur Cahyani
    Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) Kualitas pembelajaran dan (2) Output pembelajaran daring mata pelajaran kewirausahaa kelas XI Perbankan Syari’ah SMK Muhammadiyah Gebang Cirebon. Model yang digunakan yaitu model EKOP. Populasi semua siswa kelas XI Perbankan Syari’ah SMK Muhammadiyah Gebang Cirebon berjumlah 60. Sampel berjumlah 52 siswa, ditentukan dengan pedoman tabel krecjie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil evaluasi kinerja guru dalam kelas rerata skor (3,5) kualifikasi “sangat baik”, fasilitas pembelajaran rerata skor (3,37) kualifikasi “sangat baik”, sikap siswa rerata skor (2,84) kualifikasi “baik”, dan motivasi belajar rerata skor (3,01) kualifikasi “baik” dan output pembelajaran dari nilai akhir semester rerata skor (2,37) kualifikasi “cukup baik”. Berdasarkan hasil tersebut di atas maka program pembelajaran daring mata pelajaran kewirausahaan kelas XI Perbankan Syari’ah SMK Muhammadiyah Gebang Cirebon menunjukkan rerata total skor (2,77), apabila dikonversikan dalam tabel perbandingan rerata total skor masing-masing komponen maka termasuk kualifikasi “baik”