Pendidikan Ekonomi
Permanent URI for this collection
Browse
Recent Submissions
- ItemPengaruh Kualitas Pelayanan dan Responsivitas pada Keluhan Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Purworejo(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-28) Nita RiyantiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan yang ditimbulkan dari kualitas pelayanan dan responsivitas pada keluhan terhadap kepuasan nasabah BRI Unit Purworejo, baik secara parsial maupun secara simultan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling dengan jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 64.009 orang dan sampelnya adalah 382 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analsis regresi linear berganda. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah BRI Unit Purworejo, diketahui nilai signifikansi yang diperoleh variable kualitas pelayanan adalah 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Nilai thitung yang dihasilkan sebesar 6.138 yang lebih besar dari nilai ttabel, yaitu 1,966 (thitung 6,138 > ttabel 1,966). Maka dari itu, hipotesis pertama diterima. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel responsivitas pada keluhan terhadap kepuasan nasabah BRI Unit Purworejo, diketahui nilai signifikansi yang diperoleh variabel responsivitas pada keluhan adalah 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Nilai thitung yang dihasilkan sebesar 6.455 yang lebih besar dari nilai ttabel, yaitu 1,966 (thitung 6,455 > ttabel 1,966). Maka dari itu, hipotesis kedua diterima. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel kualitas pelayanan dan responsivitas pada keluhan tehadap kepuasan nasabah BRI Unit Purworejo, diketahui nilai yang dihasilkan variabel bebas terhadap variabel terikat terletak pada kolom R square sebesar 0,794 atau 79,4% (0,794 x 100%). Sisanya 20,6% lainnya dipengaruhi oleh variabel yang tidak ada pada penelitian ini. Maka dari itu, hipotesis ketiga dalam penelitian ini dapat diterima.
- ItemEvaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Suara Demokrasi Di SMA Negeri 5 Purworejo(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-27) Wulan AgustinPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema Suara Demokrası siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Purworejo Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertema Suara Demokrasi kelas XI SMA Negeri 5 Purworejo sebanyak 250 siswa. Sampel darı penelitiarını berjumlah 157 terdiri dari 154 siswa dan 7 fasilitator yang dihitung menggunakan rumus Slovin yang memiliki tingkat kesalahan 5% Model yang digunakan dalam penelitian ını yaitu model evaluasi CIPP (Context. Input, Process, Product). Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan skala likert 4, wawancara kepada fasilitator dan peserta, dan analisis dokumen. Hasil analisis penelitian ini diperoleh dari data angket/kuesioner peserta, fasilitator, dan koordinator kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). serta data rapor peserta kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kelas XI SMA Negeri 5 Purworejo Diperoleh hasil Rerata Total sebesar 3,56 klasifikasi "Sangat Setuju" meliputi penjumlhan dari Variabel Context sebesar 3,83 klasifikası "Sangat Setuju", Variabel Input sebesar 3,27 klasifikasi "Sangat Setuju,Variabel Proccess sebesar 3,16 klasifikasi "Setuju", dan Variabel Product sebesar 4,00 klasifikası "Sangat Setuju" Dapat disimpulkan bahwa kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 5 Purworejo dinilai "Sangat Efektif terlebih darı adanya beberapa kendala yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik.
- ItemPengaruh Lingkungan Keluarga dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-28) Risma Rizqi NugraheniPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama Populasi dalam penelitian mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020- 2023 yang berjumlah 94 mahasiswa. Sampel berjumlah 77 mahasiswa dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan tingkat presisi 5 %. Teknik sampling yang digunakan adalah propotional stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji validitas menggunakan validitas kontsruk (construct validity) dan reabilitas dengan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan analisis deskriptif, lingkungan keluarga berada pada kategori baik (61%), efikasi diri dengan kategori tinggi (58%), sedangkan minat menjadi guru dengan kategori tinggi (57%). Hasil analisis kuantitatif menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru sebesar 32,9% dengan (thitung = 3,002; rx1y = 0,329; sig < 0,05); (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap minat mejadi guru sebesar 35% dengan (thitung = 3,216; rx2y = 0,350; sig < 0,05); (3) ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara lingkungan keluarga dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru sebesar 43% dan 57% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini (R2 = 0,430; Fhitung = 27,901; sig 0,000 (0,000<0,05 maka signifikan) dengan demikian seluruh hipotesis yang diajukan diterima.
- ItemPeningkatan Hasıl Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Perpaduai Metode Ceramah Dan Metode Two Stay Two Stray Pada Kelas X Di SMA Negeri 10 Purworejo(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-27) Rahul Ardi SanjayaRendahnya hasıl belajar siswa disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan masih kurang novatif yang mengakibatkan dari 35 siswa ada 32 siswa tidak tercapai dalam asesmen semester 1 dan ada beberapa siswa kurang partisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan identifikası masalah diatas maka penelitian bertujuan menerapkan model pembelajaran untuk mengetahui apakah dengan perpaduan antara metode pembelajaran ceramah dan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasıl belajar ekonomi siswa kelas X-3 SMA Negeri 10 Purworejo. Penelitian tindakan kelas ını subjeknya siswa kelas X-3 SMA Negeri 10 Purworejo dan penelıtı bertindak sebagai guru dengan melakukan pembelajaran 2 siklus selama 2 kalı pertemuan dan setiap sıklus ada tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksı Alat pengumpulan data dalam penelitian inı yaitu tes dan an lisis dokumen. Hasil belajar siswa pada pra sıklus menunjukan bahwa 33 siswa tidak memenuhi ketercapaian dalam skor siklus I menunjukan bahwa 19 siswa memenuhi ketercapaian skor dan 15 siswa tidak memenuhi KKTP, pada sıklus I memperoleh rata-rata skor 75,74 Dilanjutkan pada siklus II dengan sedikit perbaikan dan dı dapat kembalı hasıl belajar siswa menjadi meningkat dengan menunjukan 32 siswa memenuhi KKM dan memperoleh rata-rata 81,53, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa perpaduan metode pembelajaran ceramah dan metode pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri 10 Purworejo pada mata pelajaran ekonomi
- ItemPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-7 SMA Negeri 1 Prembun(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-28) Hikmah Nur CahyahPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI-7 SMA Negeri 1 Prembun dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-7 SMA Negeri 1 Prembun yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode tes. Data yang diperoleh adalah nilai sebagai data primer. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif yang dianalisis secara kuantitatif dalam bentuk presentase dan uji hipotesis menggunakan paired t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekoomi siswa kelas XI-7 SMA Negeri 1 Prembun. Pada Pra Siklus diperoleh rata-rata sebesar 68,3 dengan presentase ketercapaian 27,7%. Pada Siklus I diperoleh rata-rata sebesar 72,3 dengan presentase ketercapaian 61,1%. Pada Siklus II diperoleh rata-rata sebesar 84,0 dengan presentase ketercapaian 91,6%. Hasil uji hipotesis Pra Siklus dan Siklus I memperoleh nilai Sig (2-tailled) 0,033 < 0,05 dan pada Siklus I dan II sebesar 0,000 < 005. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI-7 SMA Negeri 1 Prembun.