Pendidikan Ekonomi
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Ekonomi by Issue Date
Now showing 1 - 16 of 16
Results Per Page
Sort Options
- ItemPengaruh Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS SMA Negeri 6 Purworejo(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024) Susi SusantiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA N 6 Purworejo, baik secara parsial maupun bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 107 siswa dan sampelnya 84 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode Isaac & Michael dan pengambilan data menggunakan angket dan analisis dokumen. Analisis data yang digunakan untuk menguji data yang telah terkumpul kemudian akan diolah dalam bentuk analisis deskriptif dan analisis inferensial. Dari analisis data diperoleh hasil: perhatian orang tua rata-rata dalam kategori kuat (56.6%), disiplin belajar rata-rata dalam kategori cukup (29.1%), dan prestasi belajar siswa dalam kategori cukup (40,7%). Ada pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar (r= 0.566, t=6.368, Sig= 0,000). Ada pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar (r= 0.291, t=2.826, Sig= 0,000). Ada pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar (R= 0.407, F= 29.486, Sig= 0.00). Maka dari itu, pengujian hipotesis pertama, kedua, dan ketiga dapat diterima.
- ItemPengaruh Hasil Belajar Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Purworejo(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-04-24) Ade SuryaniPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2020 dan angkatan 2021 yang berjumlah 47 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, merupakan teknik pengambilan sampel data yang didasarkan pada pertimbangan tertentu yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi yang sedang dan sudah mengambil mata kuliah kewirausahaan. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan analisis dokumen. Uji validitas menggunakan validitas konstruk (construct validity) dan reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deksriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan analisis deksriptif diperoleh hasil bahwa variabel hasil belajar kewirausahaan berada pada kategori baik sekali dengan persentase 68,09%, sedangkan minat berwirausaha berada pada kategori tinggi dengan persentase 57,44%. Berdasarkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi di Universitas Muhammadiyah Purworejo sebesar 8,3% (rxy = - ,288 thitung = - 2,015;sig ≤ 0,05 dan r2 = ,083). Hasil ini menunjukkan bahwa variabel hasil belajar kewirausahaan belum dapat dikatakan efektif terhadap minat berwirausaha untuk menghasilkan wirausaha baru karena besarnya pengaruhnya hanya 8,3%. Hal tersebut dikarenakan semakin tinggi hasil belajarnya maka minat untuk berwirausahanya semakin menurun artinya mahasiswa hanya fokus dan mengutamakan belajarnya saja sehingga mahasiswa kurang memperhatikan minat untuk berwirausaha.
- ItemAnalisis Program Pembiayaan Lazismu Sebagai Sumber Modal Alternatif Dalam Mendukung Pertumbuhan dan Keberlanjutan UMKM di Kabupaten Purworejo(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-04-24) Prasetia Budi LestariPenelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh UMKM di Kabupaten Purworejo yaitu kekurangan modal usaha. Lazismu hadir sebagai penyedia bantuan program usaha kepada pelaku UMKM yang mengalami keterbatasan modal. Namun, untuk mengukur sejauh mana program pembiayaan Lazismu mampu mengatasi tantangan modal dan berdampak pada pertumbuhan serta keberlanjutan usaha, maka diperlukan analisis yang mendalam mengenai (1) faktor-faktor yang mempengaruhi UMKM dalam memanfaatkan program pembiayaan Lazismu, (2) mekanisme program pembiayaan Lazismu dalam memberikan akses modal kepada UMKM, (3) kendala yang dihadapi UMKM dalam mengakses modal dari Lazismu, dan (4) dampak program pembiayaan Lazismu terhadap pertumbuhan dan keberlanjutan usaha. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Subjek penelitian manajer Lazismu dan 5 pelaku UMKM yang sudah mendapatkan bantuan usaha. Analisis data melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa alasan utama pelaku UMKM memanfaatkan program pembiayaan dari Lazismu karena kurangnya modal usaha. Untuk memperoleh bantuan tersebut, pelaku usaha harus melengkapi persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak Lazismu. Dalam mengajukan bantuan usaha, pelaku UMKM tidak mengalami kendala sedikitpun karena persyaratan hingga pencairan modal usaha sangat mudah sehingga mampu memberikan solusi tanpa kendala yang signifikan. Sedangkan dampak penyaluran program pembiayaan UMKM dari Lazismu kepada kelima pelaku UMKM ini mendatangkan dampak yang baik yaitu pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM di Kabupaten Purworejo.
- ItemImplementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan di SMA Negeri 8 Purworejo(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-05-21) Nugraheni SusilawatiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan di SMA Negeri 8 Purworejo. Populasi penelitian ini sebanyak 281 terdiri dari 30 fasilitator dan 251 siswa kelas X. Pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuesioner dengan skala likert dengan alternatif jawaban 4. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan teknik analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh penilaian terhadap context rerata skor (3,38) apabila dikonversikan dengan tabel kriteria perbandingan rerata skor masing-masing maka termasuk kualifikasi “Sangat Baik”. Penilaian rerata skor input (3,18) apabila dikonversikan dengan tabel kriteria perbandingan rerata skor masing-masing maka termasuk kualifikasi “Baik”. Penilaian rerata proses (3,23) apabila dikonversikan dengan tabel kriteria perbandingan rerata skor masing-masing maka termasuk kualifikasi “Baik”. Hasil penelitian diperoleh hasil produk yaitu nilai P5. Penilaian kegiatan P5 peserta didik dengan nilai rerata (3,20) apabila dikonversikan dengan tabel kriteria perbandingan rerata skor maka termasuk kualifikasi “Baik”. Hasil masing-masing sub-komponen kegiatan program menunjukkan rerata total skor (3,25) apabila dikonversikan dengan tabel kriteria perbandingan rerata skor masing-masing maka termasuk kualifikasi “Baik”.
- ItemPengaruh Persepsi Profesi Guru Dan Dukungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-07-15) Dewi Widiya HandayaniPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi profesi guru dan dukungan keluarga baik secara individu ataupun stimultan terhadap minat menjadi guru pada seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh slovin dengan taraf kesalahan 5 % dari populasi 94 mahasiswa diambil sampel 77 mahasiswa. Pengambilan sample menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunkan metode angket atau kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persepsi profesi guru pada kategori sangat baik (51,94%), dukungan keluarga dalam kategori sangat baik (50,64%) dan minat menjadi gurutermasuk dalam kategori baik (84,41%). Berdasarka hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa persepsi profesi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menajadi guru sebesar 84,27%r = 0,918, 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 19,964, sig 0,000). Adapun pengaruh yang positif dan signifikan antara dukungan keluarga dan minat menjadi guru sebesar 81,72% (r) = 0,904, 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 18,156, sig 0,000. Ada pengaruh yang posistif dan signifikan antara persepsi profesi guru dan dukungan keluaraga secara simultan sebesar 91,80 % ( R) = 0,958, 𝐹ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 413,787 sig 0,000. Sedangkan 8,20 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
- ItemPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Problem Based Learning dengan Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 4 Purworejo(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-01) Ahmad MunirRendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan masih kurang inovatif yang mengakibatkan dari 36 siswa ada 35 siswa tidak tuntas dalam nilai akhir semester dan ada beberapa siswa kurang partisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan identifikasi masalah diatas maka penelitian bertujuan menerapkan model pembelajaran untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-6 SMA Negeri 4 Purworejo. penelitian tindakan kelas ini subjeknya siswa kelas X-6 SMA Negeri 4 Purworejo dan peneliti bertindak sebagai guru dengan melakukan pembelajaran 2 siklus selama 4 kali pertemuan dan setiap siklus ada tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, tes, dan analisis dokumen. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukan bahwa 23 siswa memenuhi ketuntasan dalam nilai dan 13 siswa tidak memenuhi KKM atau sebanyak 36,11% dan pada siklus I memperoleh rata-rata 69,03. Dilanjutkan pada siklus II dengan sedikit perbaikan dan di dapat kembali hasil belajar siswa menjadi meningkat dengan menunjukan 36 siswa memenuhi KKM dan memperoleh rata-rata 81,53, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Problem Based Learning dengan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-6 SMA Negeri 4 Purworejo pada mata pelajaran ekonomi
- ItemPengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-02) Khaerani Gilang SaputriPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klirong Jenis penelitian adalah ex post facto. Pengumpulan dan mengunakan metode angket atau kuisioner dan pengambilan data prestasi siswa dari nilai PAS semester ganjil. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan korelasi parsial, korelasi ganda dan regresi ganda. Berdasarkan analisis deskriptif variabel lingkungan keluarga tergolong cukup sebesar 58%, variabel motivasi belajar tergolong cukup sebesar 69% dan variabel prestasi belajar tergolong baik sebesar 50%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa (1) variabel lingkungan keluarga memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar sebesar 2,46% (r=0,157). (2) terdapat pengaruh yang positif antara variabel variabel motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 0,57% (r=0,076) (3) terdapat pengaruh yang positif secara bersama-sama antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi sebesar 0,31% (R=0,177). Sedangkan 0,69% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
- ItemPengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Penggunaan E-wallet DANA Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-27) FeriyantiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kemudahan penggunaan dan kepercayaan penggunaan baik secara parsial dan simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 93 diambil sampel 75 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sistem random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan dan kepercayaan penggunaan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap perilaku konsumtif. Berdasarkan perhitungan uji t menunjukkan bahwa : terdapat pengaruh kemudahan penggunaan terhadap perilaku konsumtif sebesar 9,85%, r = 0,314 dengan nilai (thitung 2,977 > ttabel 1,666) dan nilai sig 0,004. Terdapat pengaruh kepercayaan penggunaan terhadap perilaku konsumtif sebesar 6,20%, r = 0,249 dengan nilai (thitung 2,000 > ttabel 1,666) dan nilai sig 0,049. Serta berdasarkan uji f terdapat pengaruh secara bersama-sama dengan nilai (Fhitung 82,674 > Ftabel 3,12) dan nilai sig 0,000 < 0,05. Kemudian kemudahan penggunaan (X1) dan kepercayaan penggunaan (X2) berpengaruh positif sebesar 68,8%, sementara sisanya 31,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
- ItemPengaruh Manajemen Waktu dan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-27) Eka LestariPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara Manajemen Waktu dan Intensitas Penggunaan Media Sosial baik secara parsial dan simultan terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 93 diambil sampel 72 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Waktu dan Intensitas Penggunaan Media Sosial berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Prokrastinasi Akademik. Berdasarkan perhitungan uji t menunjukan bahwa terdapat pengaruh Manajemen Waktu terhadap Prokrastinasi Akademik sebesar 15,7% dengan nilai (thitung 4,023 > ttabel 1,667) dan nilai sig < 0,05. Terdapat pengaruh antara Intesnitas Penggunaan Media Sosial terhadap Prokrastinasi Akademik sebesar 15,77% dengan nilai (thitung 3,597 > ttabel 1,667) dan nilai sig < 0,05. Serta berdasarkan uji F terdapat pengaruh secara simultan dengan nilai (Fhitung = 24,189 > Ftabel 3,13) dan nilai sig 0,000 < 0,05.
- ItemEvaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya di SMA Negeri 6 Purworejo(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-30) Annisatul LuayyinahPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila tema bangunlah jiwa dan raganya di SMA Negeri 6 Purworejo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian evaluasi dengan model yang digunakan yaitu CIPP dan metode kuantitatif. Populasi semua fasilitator yaitu 20 orang dan peserta didik kelas XI yaitu 248. Sampel berjumlah 12 fasilitator dan 145 peserta didik kelas XI yang ditentukan dengan pedoman tabel Krecjie dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil evaluasi yang dilakukan yaitu Aspek konteks rerata yaitu 3,69 dengan kualifikasi sangat baik, aspek input rerata skor yaitu 3,31 dengan kualifikasi sangat baik, aspek proses dengan rerata skor yaitu 3,3 denggan kualifikasi sangat baik dan aspek produk dengan rerata skor 3,09 kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka evaluasi pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila menunjukkan rerata secara keseluruhan yaitu 3,34 dengan kualifikasi sangat baik. Ada beberapa kendala yang dihadapi saat pelaksanaan kegiatan P5 tersebut yaitu 1) kurangnya antusiasisme dari peserta didik terkait dengan materi. 2) Kurangnya sumber daya yang ada. 3) Sarana dan Prasarana yang kurang mendukung atau memadai.
- ItemAnalisis Kemampuan Interaksi Sosial Siswa di SMA N 6 Purworejo Berdasarkan Tingkat Penggunaan Gadget(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-01-20) Iin KurniaPenelitian ini menganalisis tentang interaksi sosial siswa berdasarkan tingkat penggunaan gadget di SMA Negeri 6 Purworejo. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang melibatkan subjek kelas X sebanyak 71 siswa dan akan dipilih 6 siswa untuk pengambilan data melalui wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 16 siswa berada pada tigkat penggunaan gadget rendah, 21 siswa pada tingkat penggunaan gadget sedang, dan 34 siswa pda tingkat penggunaan gadget tinggi. Dari 6 siswa yang diambil 2 dari masing-masing tingkatan meninjukkan bahwa sering berinteraksi dengan siswa yang menunjukkan tingkat penggunaan gadget tinggi, rendah, dan sedang. Mereka juga saling membantu satu sama lain, saling memberikan dukungan dan motivasi secara positif. Selain itu, kolaborasi di antara para siswa juga efektif. Hal ini terlihat ketika beberapa siswa terlibat secara aktif dalam percakapan, sementara yang lain memilih untuk pasif dan menahan diri untuk tidak berpartisipasi.
- ItemPeningkatan Hasıl Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Perpaduai Metode Ceramah Dan Metode Two Stay Two Stray Pada Kelas X Di SMA Negeri 10 Purworejo(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-27) Rahul Ardi SanjayaRendahnya hasıl belajar siswa disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan masih kurang novatif yang mengakibatkan dari 35 siswa ada 32 siswa tidak tercapai dalam asesmen semester 1 dan ada beberapa siswa kurang partisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan identifikası masalah diatas maka penelitian bertujuan menerapkan model pembelajaran untuk mengetahui apakah dengan perpaduan antara metode pembelajaran ceramah dan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasıl belajar ekonomi siswa kelas X-3 SMA Negeri 10 Purworejo. Penelitian tindakan kelas ını subjeknya siswa kelas X-3 SMA Negeri 10 Purworejo dan penelıtı bertindak sebagai guru dengan melakukan pembelajaran 2 siklus selama 2 kalı pertemuan dan setiap sıklus ada tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksı Alat pengumpulan data dalam penelitian inı yaitu tes dan an lisis dokumen. Hasil belajar siswa pada pra sıklus menunjukan bahwa 33 siswa tidak memenuhi ketercapaian dalam skor siklus I menunjukan bahwa 19 siswa memenuhi ketercapaian skor dan 15 siswa tidak memenuhi KKTP, pada sıklus I memperoleh rata-rata skor 75,74 Dilanjutkan pada siklus II dengan sedikit perbaikan dan dı dapat kembalı hasıl belajar siswa menjadi meningkat dengan menunjukan 32 siswa memenuhi KKM dan memperoleh rata-rata 81,53, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa perpaduan metode pembelajaran ceramah dan metode pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri 10 Purworejo pada mata pelajaran ekonomi
- ItemEvaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Suara Demokrasi Di SMA Negeri 5 Purworejo(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-27) Wulan AgustinPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema Suara Demokrası siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Purworejo Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertema Suara Demokrasi kelas XI SMA Negeri 5 Purworejo sebanyak 250 siswa. Sampel darı penelitiarını berjumlah 157 terdiri dari 154 siswa dan 7 fasilitator yang dihitung menggunakan rumus Slovin yang memiliki tingkat kesalahan 5% Model yang digunakan dalam penelitian ını yaitu model evaluasi CIPP (Context. Input, Process, Product). Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan skala likert 4, wawancara kepada fasilitator dan peserta, dan analisis dokumen. Hasil analisis penelitian ini diperoleh dari data angket/kuesioner peserta, fasilitator, dan koordinator kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). serta data rapor peserta kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kelas XI SMA Negeri 5 Purworejo Diperoleh hasil Rerata Total sebesar 3,56 klasifikasi "Sangat Setuju" meliputi penjumlhan dari Variabel Context sebesar 3,83 klasifikası "Sangat Setuju", Variabel Input sebesar 3,27 klasifikasi "Sangat Setuju,Variabel Proccess sebesar 3,16 klasifikasi "Setuju", dan Variabel Product sebesar 4,00 klasifikası "Sangat Setuju" Dapat disimpulkan bahwa kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 5 Purworejo dinilai "Sangat Efektif terlebih darı adanya beberapa kendala yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik.
- ItemPengaruh Lingkungan Keluarga dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-28) Risma Rizqi NugraheniPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama Populasi dalam penelitian mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020- 2023 yang berjumlah 94 mahasiswa. Sampel berjumlah 77 mahasiswa dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan tingkat presisi 5 %. Teknik sampling yang digunakan adalah propotional stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji validitas menggunakan validitas kontsruk (construct validity) dan reabilitas dengan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan analisis deskriptif, lingkungan keluarga berada pada kategori baik (61%), efikasi diri dengan kategori tinggi (58%), sedangkan minat menjadi guru dengan kategori tinggi (57%). Hasil analisis kuantitatif menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru sebesar 32,9% dengan (thitung = 3,002; rx1y = 0,329; sig < 0,05); (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap minat mejadi guru sebesar 35% dengan (thitung = 3,216; rx2y = 0,350; sig < 0,05); (3) ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara lingkungan keluarga dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru sebesar 43% dan 57% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini (R2 = 0,430; Fhitung = 27,901; sig 0,000 (0,000<0,05 maka signifikan) dengan demikian seluruh hipotesis yang diajukan diterima.
- ItemPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-7 SMA Negeri 1 Prembun(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-28) Hikmah Nur CahyahPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI-7 SMA Negeri 1 Prembun dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-7 SMA Negeri 1 Prembun yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode tes. Data yang diperoleh adalah nilai sebagai data primer. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif yang dianalisis secara kuantitatif dalam bentuk presentase dan uji hipotesis menggunakan paired t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekoomi siswa kelas XI-7 SMA Negeri 1 Prembun. Pada Pra Siklus diperoleh rata-rata sebesar 68,3 dengan presentase ketercapaian 27,7%. Pada Siklus I diperoleh rata-rata sebesar 72,3 dengan presentase ketercapaian 61,1%. Pada Siklus II diperoleh rata-rata sebesar 84,0 dengan presentase ketercapaian 91,6%. Hasil uji hipotesis Pra Siklus dan Siklus I memperoleh nilai Sig (2-tailled) 0,033 < 0,05 dan pada Siklus I dan II sebesar 0,000 < 005. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI-7 SMA Negeri 1 Prembun.
- ItemPengaruh Kualitas Pelayanan dan Responsivitas pada Keluhan Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Purworejo(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-28) Nita RiyantiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan yang ditimbulkan dari kualitas pelayanan dan responsivitas pada keluhan terhadap kepuasan nasabah BRI Unit Purworejo, baik secara parsial maupun secara simultan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling dengan jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 64.009 orang dan sampelnya adalah 382 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analsis regresi linear berganda. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah BRI Unit Purworejo, diketahui nilai signifikansi yang diperoleh variable kualitas pelayanan adalah 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Nilai thitung yang dihasilkan sebesar 6.138 yang lebih besar dari nilai ttabel, yaitu 1,966 (thitung 6,138 > ttabel 1,966). Maka dari itu, hipotesis pertama diterima. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel responsivitas pada keluhan terhadap kepuasan nasabah BRI Unit Purworejo, diketahui nilai signifikansi yang diperoleh variabel responsivitas pada keluhan adalah 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Nilai thitung yang dihasilkan sebesar 6.455 yang lebih besar dari nilai ttabel, yaitu 1,966 (thitung 6,455 > ttabel 1,966). Maka dari itu, hipotesis kedua diterima. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel kualitas pelayanan dan responsivitas pada keluhan tehadap kepuasan nasabah BRI Unit Purworejo, diketahui nilai yang dihasilkan variabel bebas terhadap variabel terikat terletak pada kolom R square sebesar 0,794 atau 79,4% (0,794 x 100%). Sisanya 20,6% lainnya dipengaruhi oleh variabel yang tidak ada pada penelitian ini. Maka dari itu, hipotesis ketiga dalam penelitian ini dapat diterima.