Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia by Author "Aisyah Nurul Aini"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemKajian Budaya pada Novel Tapak Jejak Karya Fiersa Besari dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di SMA(Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-08-25) Aisyah Nurul AiniPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Tapak Jejak Karya Fiersa Besari; (2) Unsur Budaya Masyarakat Indonesia Timur tepatnya di wilayah Papua dalam novel Tapak Jejak Karya Fiersa Besari; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel di SMA kelas XI. Sumber data pada penulisan ini adalah novel Tapak Jejak Karya Fiersa Besari. Pengumpulan data digunakan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data mengunakan teknik analisis isi untuk membuat simpulan terhadap data yang diperoleh dari membaca Karya sastra. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal atau penyajian hasil analisis data dengan kata-kata biasa tanpa tanda atau lambang. Dari penulisan ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Unsur intrinsik novel Tapak Jejak Karya Fiersa Besari mencakup enam aspek, yaitu: (a) tema: perjuangan seseorang untuk menyembuhkan rasa sakit hatinya akibat permasalahan percintaan, (b) tokoh utama dalam novel ini adalah Bung (berjiwa nasionalis, bijak, jujur, dan menepati janji) dan tokoh tambahan: Swarandee (pesimis/suka berfikiran negatif dan gengsi); Luckas (pengertian); Ino (tidak percaya diri); Sakti (ramah, suka meledek, dan perhatian); Sarah (baik hati); Alfred (baik hati); Shepi (iseng, dan ceria); Gres (ramah); Irfan (cerewet dan tidak jujur); Kuntum (pintar dan polos), (c) alur: maju, (d) latar/setting: latar tempat: Ternate, Sorong, Manokwari (Papua), Jayapura, Ambon, dan Banda Neira, latar waktu: pagi, siang, sore, dan malam, latar suasana: sedih, senang, dan ramai (e) sudut pandang: pengarang menggunakan pusat pengisahan orang pertama sebagai pelaku utama, dan (f) amanat: mengajarkan kita untuk tidak lari dari permasalahan serta belajar memaafkan; (2) Unsur Budaya Masyarakat Indonesia Timur tepatnya di wilayah Papua dalam novel Tapak Jejak Karya Fiersa Besari meliputi: (a) sistem bahasa meliputi: Bahasa keseharian masyarakat Papua dan nama makanan yang identik di wilayah Papua; (b) sistem pengetahuan meliputi: pengobatan modern, dan pengetahuan alam; (c) sistem kemasyarakatan meliputi: tolong-menolong, ramah, dan peduli sosial; (d) sistem peralatan hidup dan teknologi meliputi: rumah sebagai tempat tinggal, sepeda motor, perahu, serta kapal sebagai alat transportasi; (e) sistem mata pencaharian hidup meliputi: minoritas warga Papua bekerja sebagai pegawai negeri, dosen, dan pedagang; (f) sistem religi meliputi patuh terhadap agama islam dan patuh terhadap Tuhan; dan (g) kesenian meliputi: tarian burung-burung cendrawasih, tari Yospan, dan tas noken; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Tapak Jejak Karya Fiersa Besari dengan menggunakan metode diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas serta model pembelajaran yang digunakan yaitu Student Team Achivement Division (STAD) dan kompetensi dasar 3.11. Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca