Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia by Author "Annisa Zahra Purba"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemAnalisis Semiotika Charles Sanders Pierce dalam Film Ali & Ratu-Ratu Queens Dan Relevansi Sebagai Media Pembelajaran di SMA Kelas X(Prodi Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-07-22) Annisa Zahra PurbaPurba, Annisa Zahra. 2025. Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce dalam Film Ali & Ratu-Ratu Queens Dan Relevansi Sebagai Media Pembelajaran di SMA Kelas X. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin pesatnya perkembangan media film sebagai representasi realitas sosial yang kaya akan makna, media pembelajaran film belum dimanfaatkan secara optimal sebagai media pembelajaran interaktif. Film Ali & Ratu-ratu Queens sutradara Lucky Kuswandi dipilih karena menghadirkan narasi tentang pencarian jati diri, keluarga, dan adaptasi budaya yang relevan dengan konteks kehidupan remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) analisis semiotika Charles Sander Pierce dalam fillm Ali & Ratu-ratu Queens sutradara Lucky Kuswandi, (2) relevansinya sebagai media ajar di kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan objek penelitian dialog pada film Film Ali & Raturatu Queens sutradara Lucky Kuswandi. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan panduan observasi dan catatan lapangan. Dalam pengumpulan data digunakan metode dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan ialah teknik analisis isi. Dari hasil penelitian ini ditemukan antara lain: (1) analisis Semiotika Charles Sander Pierce sutradara Lucky Kuswandi meliputi: (a) trikotomi pertama sebanyak 11 data, meliputi: qualisign 5 data dengan presentase 10,42%, sinsign 2 data dengan presentase 4,17%, dan legsign 4 data dengan presentase 8,33%, (b) trikotomi kedua sebanyak 17 data, meliputi: ikon tipologis 4 data dengan presentase 8,33%, indeks 5 data dengan presentase 10,42%, simbol pribadi 4 data dengan presentase 8,33%, simbol kemufakatan 2 data dengan presentase 4,17%, dan simbol konvensional 2 data dengan presentase 4,17%, (c) trikotomi ketiga sebanyak 20 data, meliputi: rheme 5 data dengan presentase 10,42%, dicent 7 data dengan presentase 14,58%, dan argumen 8 data dengan presentase 16,67%. (2) relevansi sebagai media pembelajaran siswa dapat membuat resensi film atau menulis esai sesuai dengan tema yang diangkat dalam film. Kata Kunci: semiotika charles sander pierce, film, relevansi media pembelajaran.