Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia by Author "Arifia Hikmawati"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemAnalisis Kesalahan Ejaan dalam Teks Berita Karangan Siswa Kelas XI SMK dan Relevansinya Sebagai Modul Ajar di Kelas XI SMK(Prodi Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-06-25) Arifia HikmawatiArifia Hikmawati. 2025. Analisis Kesalahan Ejaan dalam Teks Berita Karangan Siswa Kelas XI SMK dan Relevansinya Sebagai Modul Ajar di Kelas XI SMK. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keuruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Abstrak: Ejaan dalam teks berita berfungsi untuk mempermudah pembaca dalam memahami maksud dari informasi yang disampaikan dan agar tidak menimbukan ambiguitas makna. Analisis Kesalahan Ejaan dalam Teks Berita Karangan Siswa Kelas XI SMK dan Relevansinya sebagai Modul Ajar di Kelas XI SMK bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kesalahan penggunaan penggunaan ejaan dalam teks berita karangan siswa kelas XI SMK; dan (2) relevansi sebagai modul ajar di kelas XI SMK. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini adalah kesalahan ejaan dalam teks berita karangan siswa kelas XI SMK dan relevansinya sebagai modul ajar di kelas XI SMK. Dalam pengumpulan data pada penelitian ini digunakan teknik simak catat. Dalam analisis data pada penelitian digunakan teknik agih. Dalam penyajian data penelitian digunakan teknik informal. Hasil penelitian meliputi: (1) kesalahan penggunaan ejaan dalam teks berita karangan siswa kelas XI SMK yang terdiri dari: a) penulisan huruf kapital dengan jumlah kesalahan 482 dari 916 total kesalahan ejaan dengan presentase kesalahan 52,62%, b) penggunaan tanda baca titik dengan jumlah kesalahan 62 dari 916 total kesalahan ejaan dengan presentase kesalahan 6,76%, c) penggunaan tanda baca petik dengan jumlah kesalahan 14 dari 916 total kesalahan ejaan dengan presentase kesalahan 1,52%, d) penggunaan tanda baca koma dengan jumlah kesalahan 70 dari 916 total kesalahan ejaan dengan presentase kesalahan 7,64%, e) penulisan huruf miring dengan jumlah kesalahan 221 dari 916 total kesalahan ejaan dengan presentase kesalahan 24,12%, f) penulisan kata dengan jumlah kesalahan 67 dari 916 total kesalahan ejaan dengan presentase kesalahan 7,31%; dan (2) relevansi sebagai modul ajar, pembelajaran kesalahan ejaan dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran dalam pembelajaran menulis, salah satunya pada materi menulis teks berita yang ada pada kelas XI SMA/SMK di semester gasal kurikulum merdeka. Kata Kunci: kesalahan ejaan, teks berita, modul ajar