Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Guru Sekolah Dasar by Author "Adamas Hamid Amrullah"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemUpaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Pada Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan TaRL kelas V di SDN 1 Erorejo(Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-08-12) Adamas Hamid AmrullahAdamas Hamid Amrullah. “Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Pada Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan TaRL kelas V di SDN 1 Erorejo”. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FKIP. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2025. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui penerapan model problem based learning dengan pendekatan TaRL pada bangun ruang kubus dan balok kelas V SD Negeri Erorejo. 2) mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar Matematika volume bangun ruang dengan model problem based learning dengan pendekatan TaRL di kelas IV SD Negeri 2 Erorejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 16 dengan laki-laki 8 dan perempuan 8. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah kualitatif dan kuantitatif. Data diambil melalui teknik pengumpulan data berupa data hasil observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning dengan pendekatan TaRL. Hasil dari penelitian dengan penerapan model problem based learning adanya peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik, hal ini ditunjukan dengan nilai tiap siklus meningkat. Minat belajar pada pra siklus 55% siklus I pertemuan pertama 69% pertemuan kedua 77% sehingga rata-rata 73%. Lalu pada siklus II pertemuan pertama 75% dan pertemuan kedua 83%. Kemudian hasil belajar pada pra siklus mendapatkan rata-rata 55, Siklus I pertemuan pertama 69,31 lalu pertemuan kedua 73,06 sehingga rata-rata pada siklus I 71,18 dan siklus II pertemuan pertama 80,06 lalu pada pertemuan kedua 83,06 sehingga rata-rata pada siklus II 81,5. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dengan pendekatan TaRL dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang. Kata kunci: problem based learning,TaRL, Volume Bangun Ruang