Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Guru Sekolah Dasar by Author "Aiz Liana Salma"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemAnalisis Kemampuan Bernalar Kritis pada Capaian Pembelajaran Muatan Profil Pelajar Pancasila Materi Konstitusi dan Norma Kelas IV SD Muhammadiyah Purwodad(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2023-08-28) Aiz Liana SalmaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan bernalar kritis peserta didik pada capaian pembelajaran muatan profil pelajar Pancasila materi konstitusi dan norma kelas IV SD Muhammadiyah Purwodadi. Indikator kemampuan bernalar kritis pada penelitian adalah peserta didik memperoleh informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, dan refleksi pemikiran dan proses berpikir. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Al-Majid SD Muhammadiyah Purwodadi yang berjumlah 21 peserta didik. Objek penelitian adalah kemampuan bernalar kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan tes kemampuan bernalar kritis. Teknik pemeriksaan data penelitian dari Moleong (2009) menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan mengacu pada Miles dan Huberman (2009) yaitu 1) pengumpulan data; 2) reduksi data; 3) penyajian data; dan 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah kemampuan bernalar kritis peserta didik yang telah ditinjau dari hasil tes, peserta didik memiliki kemampuan bernalar kritis dengan kategori sangat mahir terdapat tiga peserta didik, kategori mahir terdapat tujuh peserta didik, kategori sudah berkembang terdapat tiga peserta didik, dan kategori belum berkembang terdapat 8 orang. Setiap peserta didik memiliki capaian indikator yang berbeda-beda sesuai dengan hasil jawaban benar pada tes