Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Guru Sekolah Dasar by Author "Ana Nur Soimah"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- Item“Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Problem Based Learning Dengan Media Mistery Box Pada Materi Pecahan Kelas IV SDN Keseneng(Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-09-01) Ana Nur SoimahAna Nur Soimah. “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Problem Based Learning Dengan Media Mistery Box Pada Materi Pecahan Kelas IV SDN Keseneng”. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2025. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning dengan media mistery box pada materi pecahan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Keseneng, 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning dengan media mistery box pada materi pecahan kelas IV SDN Keseneng. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sistem siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, wawancara, tes dengan cara subjektif berupa lembar kerja peserta didik dan objektif berupa penilaian hasil belajar peserta didik, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan model Problem Based Learning dengan media mistery box dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan melalui lembar keterlaksanaan pembelajaran siklus I 79%, siklus II meningkat menjadi 95% dengan indikator keberhasilan 80% sehingga disimpulkan penerapan model Problem Based Learning dengan media mistery box dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pra siklus 60,42, siklus I naik menjadi 63,75 dan siklus II meningkat menjadi 77,08. Berdasarkan hal tersebut terbukti penerapan model Problem Based Learning dengan media mistery box dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pecahan. Kata kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, media Mistery Box, Pecahan