Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Guru Sekolah Dasar by Author "Andi Pratama"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemAnalisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Bilangan Cacah Kelas IV di SD Negeri 3 Wirun(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-07-03) Andi PratamaPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran matematika materi perkalian bilangan cacah kelas IV di SD Negeri 3 Wirun. Penelitian ini dilakukan karena perkalian merupakan operasi perhitungan awal dalam perhitungan matematika, jika dalam mempelajari perkalian siswa sudah mengalami kesulitan siswa pasti akan mengalami kesulitan dalam mempelajari materi selanjutnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan desain penelitian studi kasus. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah 6 siswa yang pilih berdasarkan rekomendasi guru dengan kategori tingkat kesulitan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa S-1 mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian, keterampilan berhitung perkalian, penggunaan proses, dan mengalami kesalahan perhitungan. S-2 mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian, keterampilan berhitung perkalian, penggunaan proses, dan kesalahan perhitungan. S-3 mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian. S-4 mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian. S- 5 mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian. S-6 mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian. Kesulitan belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal yang meliputi minat dan motivasi, serta sikap dan kebiasaan. Faktor eksternal yang meliputi alat peraga / media pembelajaran, metode dan strategi mengajar, kedisiplinan guru dengan siswa, sarana prasarana, serta bimbingan / perhatian orang tua.
- ItemAnalisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Bilangan Cacah Kelas IV di SD Negeri 3 Wirun(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-07-03) Andi PratamaPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran matematika materi perkalian bilangan cacah kelas IV di SD Negeri 3 Wirun. Penelitian ini dilakukan karena perkalian merupakan operasi perhitungan awal dalam perhitungan matematika, jika dalam mempelajari perkalian siswa sudah mengalami kesulitan, siswa pasti akan mengalami kesulitan dalam mempelajari materi selanjutnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan desain penelitian studi kasus. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah 6 siswa yang pilih berdasarkan rekomendasi guru dengan kategori tingkat kesulitan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa S-1 mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian, keterampilan berhitung perkalian, penggunaan proses, dan mengalami kesalahan perhitungan. S-2 mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian, keterampilan berhitung perkalian, penggunaan proses, dan kesalahan perhitungan. S-3 mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian. S-4 mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian. S- 5 mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian. S-6 mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian. Kesulitan belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal yang meliputi minat dan motivasi, serta sikap dan kebiasaan. Faktor eksternal yang meliputi alat peraga / media pembelajaran, metode dan strategi mengajar, kedisiplinan guru dengan siswa, sarana prasarana, serta bimbingan / perhatian orang tua.