Pendidikan Matematika
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Matematika by Author "Agus Setiyani"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemEksperimen Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sadang(Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-20) Agus SetiyaniPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat setelah menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Laarning). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Experimental design yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol dengan desain One Group Pretest-posttest Design untuk mengetahui efek sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sadang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII C SMP Negeri 1 Sadang jumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Analisis data menggunakan paired sample t-test. Hasil perhitungan menunjukkan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa sebelum perlakuan sebesar 41,7857 Sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan sebesar 69,2142. Sehingga diperoleh selisih rata-rata sebasar 27,4285. Berdasarkan hasil analisis statistika menggunakan Analysis tool pack diperoleh ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ = 11,2288 > 2,0518 = ๐ก๐ก๐๐๐๐, dengan taraf signifikansi ๐ผ = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat setelah menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning).