Pendidikan Matematika
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Matematika by Author "Annisa Wirananda"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemKORELASI PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PREMBUN TAHUN AJARAN 2022/2023(PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2023-08-28) Annisa WiranandaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa pada mata pelajaran matematika dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prembun semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prembun sebanyak 256 siswa dengan sampel menggunakan dua kelas, yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B sebanyak 64 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling. Intstrumen yang digunakan adalah instrument angket persepsi siswa terhadap matematika. Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan z dua pihak. Uji mormalitas menggunakan Chi Square ( ) uji homogenitas menggunakan uji F dengan taraf signifikasi α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai angket persepsi siswa adalah 75,33 dengan standar deviasi 6,579 dan rata-rata nilai rapot matematika adalah 79 dengan standar deviasi 7,202. Berdasarkan analisis data menggunakan statistik uji non-parametrik korelasi Spearman Rank diperoleh sebesar 0,348 sedangkan sebesar 0,245 sehingga diperoleh > maka ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah karena diperoleh uji korelasi sebesar 0,348 yang terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa dengan hasil belajar matematika walupun berada pada tingkat hubungan yang rendah. Untuk melihat persentase korelasi antara persepsi siswa dengan hasil belajar dapat dilihat dari perhitungan koefisien determinasinya yaitu . Sehingga didapatkan 12,1104% hasil belajar dipengaruhi oleh persepsi dan 87,8896% hasil belajar dipengaruhi oleh faktor lain.